Assalamualaikum wr. wb. Apa kabar sobat semua? Kali ini saya ingin berbagi sedikit ilmu tentang Grafika Komputer. Adapun perangkat yang digunakan adalah Processing 3.2.3
Wokeh, daripada banyak "mukadimah" mari kita langsung kemon aja... :D
Apa itu Grafika Komputer?
Grafika
Komputer (Computer Graphic) merupakan ilmu yang mempelajari
metode/cara
untuk memproduksi suatu gambar, grafik atau citra realistik.
Pada hakikatnya Grafika
Komputer seperti kegiatan “melukis”, dimana
dibutuhkan kanvas sebagai objek yang dilukis, pena (pen) sebagai alat
untuk membuat garis, dan kuas sebagai alat untuk mewarnai bidang
gambar.
Apa itu Processing?
Processing merupakan perangkat lunak open source yang menyediakan
bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman untuk pembuatan program
Grafika Komputer, Pengolahan Citra dan Animasi. Untuk mendapatkan
Processing, anda dapat mengunduhnya di http://www.processing.org.
Processing memiliki dua versi, yaitu versi dengan java dan versi
tanpa java.
Penampakan Processing 3.2.3
Processing menggunakan nama default "sketch" untuk sebuah proyek.
Setiap sketch disimpan dalam sebuah direktori dan program utama
disimpan dengan nama yang sama dengan nama direktori. Sebagai contoh,
sketch dengan nama ‘program_pertama_ku’ akan disimpan di
derektori ‘program_pertama_ku’ dengan file program
‘program_pertama_ku,pde’.
Screen (layar)
Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bahwa untuk melukis kita
membutuhkan kanvas atau obek yang dilukis atau tempat melukis.
Pada Processing, kanvas tersebut diberi nama screen (layar).
Sebelum melukis pada screen kita perlu mengatur ukuran(size)
dan warna latar (background) terlebih dahulu.
Untuk mengatur ukuran layar digunakan instruksi
size(width,height,screenType);
dimana
width
adalah lebar layar, height
adalah tinggi layar dan screenType adalah jenis layar (jika tidak
dicantumkan maka otomatis menggunakan layar 2 dimensi (2D).
Untuk memberi warna latar
digunakan instruksi
background(x)
atau
background(r,g,b);
dimana r,g,b merupakan penggabungan dari elemen Red, Green
dan Blue yang akan menghasilkan warna kombinasinya. Sedangkan
x adalah nilai GrayScale yang akan menghasilkan warna hitam, abu-abu
dan putih. Nilai r,g,b ataupun x memiliki rentang antara 0 hingga
255.
Untuk lebih jelasnya silahkan
anda ketik perintah berikut, kemudian coba ganti angka 0 (nol) pada
instruksi background(0) menjadi 128 dan 255, lihat hasilnya.
Dengan instruksi background(x) layar akan diberi warna skala
abu-abu, jika kita ingin memberi warna lain, maka kita harus
menggunakan instruksi background(r,g,b), perhatikan contoh berikut :
size(400,200);
background(255,128,0);
Kombinasi warna screen background
Titik koordinat
Agar sebuah gambar (objek)
dapat diletakkan sesuai keinginan pada layar, tentu saja kita harus
mengetahui dimana lokasi gambar tersebut harus diletakkan. Sebuah
layar 2D memiliki titik koordinat (x,y) sedangkan layar 3D memiliki
titik koordinat (x,y,z). Perhatikan gambar berikut :
Dari gambar koordinat layar 2D diatas dapat dilihat bahwa
koordinat(0,0) berada di sudut kiri atas layar, untuk menggeser objek
lebih ke kanan dapat dilakukan dengan menambah nilai x, sebaliknya
untuk menggeser objek lebih ke kiri maka nilai x harus dikurangi.
Sedangkan untuk menggeser objek lebih ke bawah dapat dilakukan dengan
menambah nilai y dan menggeser gambar ke atas dapat dilakukan dengan
mengurangi nilai y.
Sedangkan untuk mode Layar 3D, kita dapat menggeser gambar ke
belakang atau ke depan dengan cara merubah nilai z.
Baiklah sobat, sampai disini dulu materi tentang Pengenalan Grafika Komputer. Jika masih penasaran, kita jumpa lagi di posting berikutnya Grafika Komputer dengan Processing-[Bentuk Dasar]-(bagian II)
Baiklah sobat, sampai disini dulu materi tentang Pengenalan Grafika Komputer. Jika masih penasaran, kita jumpa lagi di posting berikutnya Grafika Komputer dengan Processing-[Bentuk Dasar]-(bagian II)
0 comments:
Post a Comment